Pertandingan / August 20, 2011

Away Day Pertama: Emirates

Suasana Latihan

Selain harus bermain tandang, hampir semua hal memihak Liverpool untuk mendapatkan 3 poin di Emirates sekaligus mengakhiri catatan 11 tahun tidak pernah menang di kandang Arsenal, sejak terakhir kali bulan Febuari 2000.

Jadwal sandwich bagi Arsenal ini dilangsungkan 3-4 hari sesudah laga berat mereka di kualifikasi UCL leg 1 yang mengakibatkan mereka kehilangan bek kiri Gibbs dan Djorou. Pun, saat menjalani laga ini, mereka harus tetap membagi fokus dengan leg 2 kualifikasi UCL melawan Udinese. Setelah itu lawan MU pula.. tapi itu sih masalah mereka 🙂

Absennya Gibbs, Armand Traore dan Djorou (serta ditinggal Clichy) yang akan meninggalkan lubang di sektor kiri pertahanan Arsenal. Sementara kehilangan pemain jangkar seperti Song, Diaby, Eboue (pindah klub) dan  juga akan mengurangi keseimbangan lini tengah dalam bertahan. Dan tentu saja kepergian Fabregas serta cederanya Wilshere dan Rosicky akan mengurangi kreatifitas lini tengah. [sumber list cedera].

Tapi, Arsenal tetaplah tim kuat.  Pertahanan mereka juga semakin kuat dengan kembalinya Vermaelen. Di lini tengah masih ada Walcott, Ramsey, Nasri (yang masih akan dimainkan oleh Wenger), serta jinx kita Arshavin. Tapi possesion football mereka nampak harus mengurangi kreatifitasnya dan lebih dikombinasikan dengan kecepatan sayap oleh Walcott dan Arshavin.

Liverpool akan datang dengan kekuatan lengkap, minus Steven Gerrard. Glen Johnson ada kemungkinan dimainkan setelah King Kenny menyatakan ia statusnya menjadi ‘doubtful’. Martin Skrtel juga mungkin bisa dimainkan. ini artinya King Kenny dapat memainkan apa saja formasi yang di ainginkan. ini leh keuntungan mempunyai banyak pemain di stu posisi, dan mempunyai banyak pemain yang bisa main di lebih dari 1 posisi.

Midfield selalu akan menjadi pertarungan dalam sebuah laga sepakbola. Di sana semuanya sebagian besar di kontrol dan dimulai. Merebut kendali akan midfield akan menjadi kunci permainan. Charlie Adam dan Lucas diharapkan dapat memenangi pertarungan dengan lini tengah Arsenal yang semoga meninggalkan banyak lubang. Lucas sendiri menegaskan, possesion football adalah kunci jika ingin meraih kemenangan di Emirates.

suasana santai menjelang laga Emirates

Pada pertandingan vs Sunderland, serangan Liverpool lebih banyak yang di mulai dari sektor sayap kiri. Terima kasih pada kehadiran Suarez, Downing dan Jose Enrique. Namun kali ini, sektor kiri (dan DM) Arsenal yang terluka, artinya serangan dari sektor kanan dan tengah harus dimaksimalkan. Memainkan 4-5-1 dengan Suarez di kiri serta Downing di kanan siap melakukan tusukan dan memberi umpan matang ke Carroll nampak cukup bagus bagi saya. pertukaran posisi seperti yang dilakukan Downing-Kuyt juga akan lebih halus karena Suarez cukup bagus di kedua sisi. Carroll diharapkan tetap menebar ancaman. di gameweek 1, Carroll adalah penyerang dengan goal threat terbanyak ( 7 shots) di antara penyerang BPL. Tinggal tunggu waktu.

Dengan satu striker, artinya masih akan ada 1 slot lagi untuk gelandang elegan / penyerang lubang macam Aquilani yang akan memperkuat pertarungan / possesion di lini tengah bersama Lucas dan Adam.. Kehadirannya akan memberi variasi serangan, sekaligusmenarik konsentrasi midfield Arsenal pada bertahan, memanfaatkan absennya jangkar mereka Song dan Diaby.

Di lini belakang, saya cukup percaya Jose Enrique dapat mengatasi Theo Walcott. Dan walau ingin melihat Flanagan bangkit dari permainannya, nampak lebih aman jika Glen Johnson atau Martin Kelly yang mengatasi Arshavin yang cukup eksplosif. Keduanya juga akan menambah intensitas serangan ke lubang di sektor kiri Arsenal. Walau sudah banyak yang meragukan Carragher, pada pertandingan kali ini pengalaman dan kepemimpinan Carra akan sangat dibutuhkan untuk menghadapi pemain cerdas seperti van Persie. menduetkan Carra dengan Agger atau Skrtel (jika sudah sembuh) akan berguna untuk kedua pemain untuk menyerap pengalaman dari seniornya.

 

—————–Carroll—————

Suarez——–Aqua——Downing

——–Adam ——Lucas———-

Enrique — Skrtel — Carra — Glen

Reina

Mungkin ini bukan formasi yang akan diturunkan Kenny Dalglish, tapi ini formasi yang menurut penulis dapat mendominasi laga vs Arsenal.   Bagaimana, apakah siap merebut 3 poin di Emirates?

YNWA!

 



Bookmark and Share




Previous Post
Gameweek 1: The New Kids On The Kop
Next Post
Gameweek 2 : Penantian 11 Tahun







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Gameweek 1: The New Kids On The Kop
GW1 stats Mengecewakan sekaligus menjanjikan. Hasil yang mengecewakan tapi penampilan menyerang yang cukup menjanjikan untuk...