Artikel / May 1, 2012

Kenapa Harus Liverpool ?

Sebuah tulisan melankolis dari Ana Desyliana.

 

Kenapa sih harus Liverpool? Kenapa bukan Man.U yang lagi bagus-bagusnya di Liga Inggris? Atau bukan Barcelona tim kelewat luar biasa saat ini sampai dijuluki Aliens FC? Atau kenapa bukan Real Madrid klub kaya yang isinya star players semua?

Ya, kenapa harus Liverpool?

Sulit memang diungkapkan dengan kata-kata, karena kecintaan terhadap Liverpool datang bukan hanya karena faktor yang dimiliki klub lain itu saat ini. Karena Liverpool yang dapat membangkitkan semangat para Liverpudlian, mengajarkan bagaimana caranya bersyukur ketika menerima kemenangan dan merasakan manisnya kekalahan. Sama halnya ketika kita sedang jatuh cinta kepada seseorang, apa faktor ‘kenapa’ itu bisa diungkapan begitu saja? Tidak, bukan hanya alasan semata. Karena mencintai itu bukan ‘mengapa’ tapi ‘bagaimana’ dan bukan ‘dari kapan’ tapi ‘sampai kapan’.

Mungkin memang awalnya karena para pemain *yang sebelumnya* ada di Liverpool dan mengenalkan kita akan sejarah, arti sepakbola sesungguhnya dan kecintaan terhadap klub serta keloyalitasan sebagai supporter. Ketika pemain-pemain tertentu itu bahkan ‘kurang’ menunjukkan arti keloyalitasannya sebagai pemain di klub kebanggan kita ini, apakah kita akan mengikuti jejaknya? Oh tentu tidak. Saya ambil salah satu contoh saja, misalnya awalnya saya karena fanatic sama Fernando Torres, kemudian dia ber-jersey biru.. Apa saya akan ikut berbiru? Tidak, darah saya merah dan sampai kapan pun tidak bisa berubah menjadi biru. Darah saya tetaplah merah tanpa ada embel-embel dan atau campuran didalamnya sama seperti warna jersey yang dikenakan oleh para ksatria-ksatria Anfield ketika bermain. Begitu gagahnya…..

Terkadang bahkan lelah mendengar pertanyaan-pertanyaan orang tentang kita yang masih mau mendukung Liverpool. Mendengar ocehan-ocehan dan komentar pedas saat Liverpool terus dan terus menyantap kekalahan atau sedikit ledekan karena Liverpool saat ini tidak berperan aktif dalam ajang Liga Champions atau hanya sekedar posisi empat besar di klasemen Liga Inggris. Tapi sekali lagi saya bagi tau, semua pertanyaan ‘kenapa’ begitu sulit dijawab dengan ‘karena’.

Jawabannya mungkin hanya satu, karena kami Liverpudlian. Kami terdengar dan terlihat begitu berbeda dari supporter-supporter lainnya. Karena kami punya janji setia yang biasa kita dengar dengan ‘The Kop Pledge’. Menjadi Liverpudlian yang begitu mencintai Liverpool telah mengajarkan kami akan arti dari sebuah keloyalitasan, bersabar karena suatu hari nanti akan ada hari indah yang tlah lama kami nanti, setia kawan karena makna dari ‘You’ll Never Walk Alone’ yang setiap hari kami ucapkan, memiliki makna yang begitu mendalam. Dan karena Liverpool sendiri yang seolah-olah telah mengikat dan mengunci hati kami sehingga tak dapat pergi dan berlari ke lain hati. Ya, begitulah kami, para Liverpudlian. Terimakasih, karena komentar dan ledekkan kalian malah membuat kami semakin tegar.

Daaaaan sekali lagi saya ucapkan “mencintai dan mendukung Liverpool itu bukan ‘mengapa’ tapi ‘bagaimana’ dan bukan ‘dari kapan’ tapi ‘sampai kapan’…..”

Follow saya yaaa @ananinonine. Salam 5 jari dan You’ll Never Walk Alone. Wassalam



Bookmark and Share




Previous Post
[VIDEO] Fans Memasuki Lapangan Untuk Memeluk dan Menyembah Suarez
Next Post
Saya Marah, Saya Sedih, Kenny Pergi !







3 Comments

May 01, 2012

Meskipun banyak ejekan yg pedas saat Liverpool kalah,,,itu sudah biasa ku rasakan,,,tapi aku tetap LIVERPUDLIAN,,karena aku percaya Suatu saat nanti LIVERPOOL akan selalu berada di atas…mungkin musim depan,,atau musim depannya lagi,,atau berikutnya lagi,,aku akan tetap menanti waktu itu…dan marilah kita sama2 menanti saat2 itu…

“You’ll Never Walk Alone”


May 12, 2012

keren..


Sep 22, 2012

Great great great article……..

Jatuh cinta ama Liverpool sejak jaman Steve McManaman… Sampai sekarang jadi Raheem Sterling…..
Dan perasaan itu tidak akan pernah berubah…..

You’ll Never Walk Alone

Special thanks to Ana Desyliana to remind me “Why Liverpool” – pertanyaan yg paling sering ditanyakan calon istriku… Akhirnya ada artikel yg bisa menjawabnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
[VIDEO] Fans Memasuki Lapangan Untuk Memeluk dan Menyembah Suarez