Artikel / Feature / Lain lain / December 21, 2013

Kontrak Baru Suarez Dari Dua Sudut Pandang

6800__3060__suarez500aBagi yang sering membaca artikel atau twit saya, yang di dalamnya ada membahas kebijakan FSG selaku owner klub, mungkin akan mendapati kesan bahwa saya nyinyir atau apriori terhadap owner. Dari mulai kebijakan belanja pemain, penanganan kasus Suarez, progress stadion, dan puncaknya pemecatan (ini paling menjengkelkan buat saya)

Dalam sebuah obrolan di warung kopi dengan salah seorang orang terdekat saya, dalam kasus yang dia alami, saya menyampaikan bahwa, niat baik sekecil apapun, dan apapun latar belakangnya, harus dihargai. Karena jika berfikir adanya maksud buruk yang tersembunyi dalam suatu niat baik, kita akan terjebak dalam pikiran negative, seterusnya.

Hal ini, rasanya akan sangat fair jika diterapkan sebagai respon atas kabar yang masih hangat sekaligus menggembirakan buat kita semua, pembaruan kontrak Suarez bersama Liverpool FC. Sisanya, waktu yang akan membuktikan.

Credit where it’s due,  bukan hanya untuk FSG selaku pemilik klub, tapi juga untuk Suarez.

Klub memberikan perpanjangan kontrak ke Suarez untuk kurun waktu 5 tahun ke depan, yang didalamnya juga memuat kenaikan gaji yang sangat signifikan, dimana Suarez memperoleh gaji hampir dua kali lipat dari yang sebelumnya dia dapat ( …) membuatnya menjadi setara dengan Gerrard, pemain bergaji tertinggi di klub.

Angka gaji tersebut adalah tertinggi dalam sejarah klub. Sesuatu yang laya diberikan kepada pemain yang memang brilian, berkontribusi maksimal atas pencapaian musim ini. Klub telah mengambil langkah yang tepat, untuk pemain yang sempat merajuk ingin pindah klub di awal musim ini.

Langkah klub melepas pemain pemain bergaji tinggi dengan kontribusi minim di beberapa musim terakhir, nampak menjadi sesuatu yang tepat secara finansial. Pemberian gaji tinggi, harus mempertimbangkan kontribusi dan peran dari pemain tersebut. Professionalism, not romanticism

Pemberian kontrak bernilai besar, pada pemain yang memang merupakan key player ini, menjadi suatu gambaran komitmen klub dalam pola menjalankan klub untuk mewujudkan ambisinya. Supporter akan tenang dengan keberadaan pemain bintangnya di klub yang didukung, klub lain tidak akan sembarangan dalam memberikan tawaran meminang pemain bintang Liverpool FC (Hello, Arsenal, Madrid)

Suarez, setelah melewati berbagai drama sepanjang karir nya bersama LFC, dengan mau memutuskan stay sampai 5 tahun ke depan, juga patut dianggap berkomitmen penuh, nampaknya Luis sudah mencapai pemahaman yang sama atas ambisi klub (mungkin akan signing penting Januari nanti), dan upaya membayar supporter yang ada di belakangnya selama masa-masa sulit yang dia lewati.

Ada suatu poin positif utama, dari kesepakatan atas kontrak panjang Suarez ini. Klub, dan Suarez menunjukkan optimism bisa kembali ke Liga Champion, musim depan.

Para panutan saya dalam hidup menanamkan ajaran pada saya untuk melihat suatu masalah dari sisi terang dan sisi gelap. Yin-Yang. Sehingga kesimpulan atas suatu masalah, adalah sesuatu yang fair dan seimbang.

Perihal perpanjangan kontrak Suarez ini, bisa jadi hanya merupakan upaya preventif klub untuk mengamankan pemain bernilai jual paling tinggi, jika saja hal utama yang disyaratkan si pemain – masuk Liga Champion – musim depan, tidak tercapai yang menyebabkan si pemain akan pergi. Jika amit-amit terjadi (ketok kepala 3x) , Luis akan pergi dengan nilai jual yang besar.

Pencitraan adalah hal lain yang mungkin menjadi latar belakang John W Henry n co, memberikan perpanjangan kontrak ke Suarez. Upaya mendapatkan simpati dari fans yang sempat kecewa dengan owner dalam menjalankan klub. Salah satu yang utama, dalam menangani kasus Suarez kala itu. Juga, bisa saja, ini hiburan sementara untuk supporter yang masih gelisah menunggu perkembangan tentang stadion.

Saya pribadi, agak terganggu ketika semua petinggi klub berkomentar selepas pencapaian kesepakatan kontrak baru Suarez ini. Tidak seperti ketika Suarez mengalami hal buruk, hanya orang tertentu yang berani berkomentar dan melawan.

LuisLoveLiverpoolDari sisi pemain, Suarez (lewat agent nya) mungkin merasa ingin diharga lebih (nilai kontrak besar) atas kontribusinya yang signifikan, singkatnya money oriented. Sudah sangat jarang kita dapati loyalitas mengalahkan uang dalam pemain sepakbola bukan?

Tercapainya komitmen klub yang kita dukung, dengan pemain yang kita puja dan berkontribusi maksimal, adalah jelas sesuatu yang menggembirakan. Kita layak bersenang hati mensikapi ini.

Jika ada pertimbangan lain dari sudut pandang berbeda (negatifnya), itu merupakan hal yang bisa kita gunakan sebagai antisipasi jika nantinya ada kekecewaan, amit-amit Suarez pindah (anda artikan sendiri kalimat ini ) Dan mana yang harus diyakini, kembali ke kita masing-masing.

 

 

PS :

Suarez, let’s celebrate your new contract by score some goals tonight, demolish Cardiff !

 


Tags:  FSG Henry kontrak LFC liverpool Luis Luis Suarez suarez

Bookmark and Share




Previous Post
It's Still Too Early To Open The Pandora's Box
Next Post
Kefanaan Puncak Klasemen untuk Si Merah



Yanuar Ryswanto




0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
It's Still Too Early To Open The Pandora's Box
Zeus memberikan sebuah guci kepada Pandora, dan berpesan kepadanya untuk tidak membukanya dalam situasi apapun. Rasa penasaran...