Berita & Rumor / August 26, 2012

LFC vs Man. City. Membangun kembali benteng Anfield

Salah satu yang paling mengecewakan dari musim lalu adalah performa LFC di Anfield. Bukan saja dari segi hasil, tapi dari penampilan keseluruhan tim yang seringkali kurang greget. Tentu saja, musim lalu mempunyai pembelaan-pembelaannya sendiri, absennya Lucas/Suarez/Gerrard, etc. etc. tapi kita tidak akan membahasnya lebih dalam. Saatnya menatap yang ada di depan dan suka atau tidak suka, tim yang akan memberikan ujian pertama bagi Liverpool di kandangnya sendiri adalah sang juara bertahan Manchester City.

Liverpool sendiri sudah melakukan cukup banyak pembenahan musim ini. Mulai dari bergabungnya Borini untuk memecahkan masalah ketumpulan di depan gawang, Joe Allen untuk mengatur tempo pertandingan dan menguasai lapangan tengah juga Ousama Assaidi dan Nuri Sahin yang baru saja bergabung. Nama terakhir tampaknya belum dapat diturunkan dalam laga ini karena belum sempat di daftarkan, namun Assaidi kemungkinan besar akan memulai debutnya di Anfield walaupun mungkin sebagai cadangan dan diharapkan dapat memberikan percikan kecepatan, teknik dan kecerdikan di sayap. Sementara itu diharapkan Lucas Leiva yang masih terlihat sedikit kaku pasca absen panjang di pertandingan awal melawan WBA kemarin akan kembali menemukan performa terbaiknya.

Sementara itu di sisi City sendiri tidak banyak perubahan. Hanya Jack Rodwell yang bergabung dari Everton lah kegiatan transfer mereka sejauh ini. Namun dengan nama-nama seperti Silva, Nasri, Tevez, Toure dan Dzeko di barisan penyerang, minimnya perubahan ini bisa jadi menjadi kelebihan bagi mereka karena tim mereka akan lebih solid dan lebih padu di banding LFC yang masih harus adaptasi satu sama lain.

Pukulan besar bagi LFC di laga ini adalah absennya Agger akibat kartu merah di pertandingan sebelumnya, tapi ini bisa jadi berkah terselubung karena tipe permainan Carra yang no nonsense dan kerap berjibaku memblok lawan di kotak pinalti bisa jadi yang kita butuhkan untuk menahan barisan pertahanan City. Namun di sisi lain apakah Carra sebagai starter akan menjadi titik lemah dalam strategi Brendan Rodgers yang memulai serangan dari belakang? Semoga saja Allen dan Leiva akan tampil dalam performa terbaik mereka dalam melindungi back four kita.

Menariknya ketika menangani Swansea musim lalu, Rodgers dengan 4-3-3nya berhasil mengalahkan City secara meyakinkan di kandang 1-0 dengan possession 55 % (65% di babak pertama). Di pertandingan itu, walaupun bintangnya adalah Routledge namun visi dan umpan-umpan cerdik Joe Allen menjadi salah satu senjata utama The Swans. Sementara Liverpool sendiri musim lalu ‘hanya’ mampu menahan seri dengan skor 1-1. Apakah Rodgers bisa mengulangi keberhasilannya dengan The Swansea dengan materi yang di milikinya sekarang? Secara realistis dalam tahap awal musim ini saya rasa yang diharapkan sebagian besar fans adalah terbentuknya pola bermain dan dedikasi 100% dari setiap pemain dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Pertandingan ini adalah bagian dari langkah awal Liverpool membangun kembali sebuah filosofi, juga bagian dari langkah awal membangun (kembali) solidnya tim dengan wajah-wajah barunya. Sedikit kesabaran memang dibutuhkan, namun dengan harapan bahwa Brendan dapat membuat Anfield kembali menjadi sebuah bastion of invincibility, sebuah stadium yang menakutkan bagi lawan, dimulai dari pertandingan malam ini.

Perkiraan skuad: Reina, Johnson, Skrtel, Carra, Kelly, Lucas, Allen, Gerrard, Borini, Downing, Suarez
Cadangan: Jones, Shelvey, Coates, Assaidi, Adam, Henderson, Carroll

Kick Off 22.00 WIB



Bookmark and Share




Previous Post
TORN AT HAWTORNS !
Next Post
FSG dan Brendan Rodgers. Harga Sebuah Filosofi.







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
TORN AT HAWTORNS !
Sebenernya agak males juga mau nulis post match review, menilik hasil yang diraih Redmen di game pembuka season 2012/2013...