Artikel / Feature / August 21, 2015

[loan watch] Danny Ward : Menebar Pesona Di Skotlandia

Simon Mignolet memang selama ini menjadi pilihan utama dibawah asuhan Brendan Rodgers, sedangkan Brad Jones hanya mengisi posisi Mignolet jika pemain yang bersangkutan tampil angin-anginan atau absen karena cedera dll. Namun kepergian Brad Jones yang kontraknya sengaja tidak diperpanjang manajemen Liverpool, menyisakan lubang di posisi penjanga gawang The Reds.

Adam Bogdan didatangkan secara cuma-cuma oleh manajemen Liverpool dari Bolton Wanderers untuk mengisisi posisi yang ditinggalkan Jones. Rodgers dan staff lain merasa Bogdan lebih layak menjadi pilihan kedua dibandingkan Brad Jones yang sudah menua dan performanya yang menurun. Bahkan musim lalu, tercatat 21 kali nama Brad Jones hilang dari skuad Liverpool, Danny Ward secara konsisten mengambil tempat Brad Jones di bangku cadangan. Namun, sebelum mengupas lebih dalam tentang salah satu kiper muda terbaik di ranah Britania Raya (setidaknya itu yang dikatakan pelatih kiper Liverpool, John Achterberg) , ada baiknya kita mengenal lebih dekat siapakah itu Danny Ward? Karena penulis merasa tak banyak yang tahu siapakah kiper masa depan Liverpool yang sedang dipinjamkan ke Aberdeen ini.

Danny WardDanny Ward ini adalah pesepak bola professional asal Wales yang terikat kontrak dengan Liverpool. Tetapi musim ini Ward dipinjamkan ke klub Skotlandia Aberdeen. Lahir di Wrexham, Wales 22 tahun yang lalu, Ward kecil bergabung bersama akademi klub kelahirannya Wrexham United pada tahun 2007. Melihat bibit potensi Ward, Liverpool memboyong Ward ke Kirkby pada musim dingin 2012. Karir Ward bersama The Reds mayoritas masih berkutat bersama tim akademi, namun karena dianggap punya potensi besar, Ward sering mengisi waktu latihan bersama tim inti. Musim lalu Ward juga sempat dipinjamkan ke klub League 2 Morecambe selama sebulan. Disana ia mendapatkan panggilan dari manajer Timnas Wales senior untuk mengisi Skuat 23 pemain Wales yang akan dibawa untuk bermain di Kualifikasi EURO 2016, tetapi Ward tidak diturunkan kala itu. Setelah jalankan musim breaktrough pada musim lalu, di awal musim ini Liverpool memutuskan untuk meminjamkan Ward semusim penuh ke Aberdeen untuk mendapatkan pengalaman bermain.

Danny Ward’s Revelation

Andai kata penulis adalah Adam Bogdan, penulis pasti ngeri-ngeri sedap melihat performa Danny Ward di Aberdeen. Pasalnya Ward bisa saja mengambil posisi Bogdan – yang notabene adalah pilihan kedua setelah Mignolet – saat kembali ke Liverpool musim depan. Hanya butuh seminggu bagi Ward untuk membuktikan diri sebagai kiper pilihan utama manajer Aberdeen Derek McInnes. Sungguh pencapaian yang luar biasa bagi Ward mengingat dia masih terbilang sangat minim pengalaman bermain di liga senior. Setelah melakoni debut tak resmi bersama Aberdeen di laga percobaaan melawan St.Johnstone, Ward membuktikan diri sebagai pilihan utama di posisi penjaga gawang seminggu setelahnya saat Aberdeen menghadapi KF Shkendija di Leg-1 kualifikasi 1 Europa League. Ward bermain sebagai starter dan meski kebobolan 1 gol, tapi Ward berhasil membuat beberapa penyelamatan gemilang dan tak mengurungkan niat Derek McInnes untuk memainkannya lagi di pertandingan selanjutnya.

Ward semakin menunjukan bahwa ia adalah pilihan utama saat Aberdeen bermain di laga percobaan. Di sini Derek McInnes sengaja tak memasang Ward dan memainkan kiper kedua Scott Brown agar Ward tetap fit bermain di Kualifikasi Europa League. Seminggu berselang, reflek bagus Ward di menit 90 pastikan Aberdeen lolos ke kualifikasi kedua Europa League setelah unggul aggregate atas KF Shkendija di leg-2. Pertandingan demi pertandingan Ward selalu dipasang, Ward mengantongi 6 penampilan di Kualifikasi Europa League walaupun Aberdeen harus gugur dari Europa League setelah kalah aggregate atas FC Kairat. Pengalaman demi pengalaman pun dipetik Ward selama sebulan di Aberdeen dan puncaknya pada laga testimoni Kiper Veteran Aberdeen Jamie Langfiled yang sedang rayakan tahun ke-10 Langfiled berseragam Aberdeen.

Gemilangnya Danny Ward memakan Korban

Salah satu kontroversi dibalik datangnya Danny Ward ke Aberdeen adalah, terdepaknya pemain favorit fans Aberdeen Jamie Langfield yang dinilai tak lebih baik dari Ward menurut Manajer Aberdeen Derek McInnes. Padahal Langfield sendiri sudah mengabdi 10 tahun ditambah telah membantu Aberdeen Juarai Piala Liga Skotlandia 2 tahun lalu. Tentu keputusan ini membuat fans Aberdeen mengerutkan dahi seolah berkata “Siapa itu Danny Ward? Beraninya dia mengambil tempat kiper kami !”

ward langfieldApalagi Ward hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk menggeser Langfield dari Aberdeen. 27 Juli 2015, Aberdeen hadapi Brighton di laga testimoni untuk  Jamie Langfield yang rayakan tahun Ke-10 nya berseragam Aberdeen. Danny Ward tentu Absen di pertandingan ini. Setelah laga testimoni nya berakhir, Langfield katakan kepada media bahwa dia takut pertandingan tersebut akan menjadi akhirnya di Pidottrie Stadium “Saya takut ini akan menjadi pertandingan terakhir saya di Klub yang saya cintai ini”  ujar Langfield. Benar saja, 2 minggu kemudian pemain favorit publik Aberdeen ini meninggalkan klub setelah kontraknya diputus. Menanggapi hal itu, Langfield menanggapinya dengan lapang dada: “Tak banyak yang bisa saya lakukan dengan itu, mungkin ini saatnya seseorang menggantikan tempat saya dan bermain lebih baik lagi, terima kasih Aberdeen!”

Pujian dan Kepercayaan Fans serta Pemain yang mulai berdatangan

Aberdeen memulai musim 2015/16 dengan bertandang ke kandang Dundee United. Sesaat setelah peluit panjang dibunyikan, fans tim tamu bersorak melihat tim kebanggaan mereka yang berhasil memulai musim dengan kemenangan 0-1. Terdengar nyanyian ribut dari tribun kanan yang seolah tak memedulikan sinar matahari yang menyengat: “Danny… Danny… Danny Ward…” Seperti itu lah nyanyian yang dialunkan oleh fans Aberdeen sambil mengapresiasi performa gemilang Ward di debut liganya. Mulai detik itu, fans Aberdeen mulai menaruh harapan kepada pemuda 22 tahun yang masih dianggap sebagai kiper ketiga Liverpool. Performa gemilang plus cleansheet di debut Ward diikuti dengan cleansheet dan kemenangan lagi di laga kandang menghadapi Kilamrnock. Kemarahan Fans dengan perginya kiper jagoan mereka seperti sudah terobati hanya dalam kurun waktu yang relatif singkat.

WARD1Tak hanya fans, gelandang Aberdeen Willo Flood juga ikut memberikan pujian kepada pemain 22 tahun tersebut: “Saya rasa Danny Ward adalah kiper terbaik yang pernah bermain bersama saya. Walaupun masih muda, dia sangat percaya diri dan tenang. Anda tak mungkin meneken kontrak 4 tahun bersama Liverpool jika anda orang yang pemalu. Jujur saja, anak ini (Ward) bisa menjadi pemain penting Liverpool” tutup Flood.  Pelatih kiper Liverpool John Achterberg juga tak lupa memuji Ward yang tampil konsisten dibawah mistar gawang Aberdeen dengan mengatakan Ward adalah salah satu kiper muda terbaik di ranah Britania Raya: “Danny Ward adalah salah satu kiper muda terbaik di ranah Britania Raya walaupun tak banyak orang yang mengenalnya. Dia sangat dewasa dan selalu bekerja keras di sesi latihan”. Pujian yang mulai berdatangan ini tentu bisa mendongkrak semangat Ward, karena yang dibutuhkan pemain untuk lebih berkembang adalah dukungan luar lapangan, ini yang didapatkan Ward sejauh ini di Aberdeen.

Posisi Simon Mignolet dalam bahaya?

Tentu masih terlalu dini mengatakan hal tersebut, tetapi tak ada yang tak mungkin dan tak ada yang tahu. Ambil contoh Harry Kane yang sempat singgah sana-sini di klub pinjaman sebelum bersinar bersama Spurs musim lalu, tak ada yang tahu kalau Harry Kane akan mencetak 21 gol musim lalu. Begitu juga dengan Ward, seperti yang kita tahu, Brendan Rodgers tak pelit memberikan kesempatan kepada pemain muda, bahkan tak jarang kita temui pemain yang bersinar saat dipinjamkan diberik kesempatan oleh Rodgers untuk bersinar bersama skuat utama Liverpool. Seperti Jordon Ibe dan Joao Teixeira yang bersinar saat kembali dari masa pinjaman. Dengan dukungan fans, manajer klub pinjaman dan Liverpool, Ward bisa memaksimalkan potensi yang ia punya. Jika dapat pertahankan performanya sampai akhir musim, tentu posisi Adam Bogdan dan Simon Mignolet tak aman jika Danny Ward kembali dari masa pinjamannya di Liverpool musim depan.

 

Akun twitter penulis : @LFCLoanID

 



Bookmark and Share




Previous Post
The Curious Case Of Liverpool's Defense
Next Post
Your Second Chance, Mr Lovren







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
The Curious Case Of Liverpool's Defense
City of Manchester Stadium, memang selalu jadi tempat yang sulit bagi Liverpool FC untuk menuai poin. Dan inilah yang terjadi,...