Pertandingan / September 12, 2011

[Match Review] Stoke City FC 1 – 0 Liverpool FC

Tulisan ini disumbangkan oleh Yardin Octora ( @_octora). Tulisan2 lainnya dari Tora bisa dilihat di http://thekop.liverpoolfc.tv/yardinoctora

Setelah mengawali tiga pertandingan awal ‘Premier League’ dengan tidak terkalahkan, kali ini LFC harus mengakui kekuatan Stoke City FC (SCFC). Bermain di Britannia Stadium, gol tunggal Jonathan Walters dari titik pinalti mengubur harapan LFC untuk meraih tiga poin.

LFC memulai pertandingan dengan sangat baik, paling tidak hingga menit ke 20. Charlie Adam yang sebelumnya dikhawatirkan absen pasca laga timnas Scotland memulai pertandingan dengan baik bersama Lucas di lini tengah untuk mendukung pergerakan Luis Suarez dan Kuyt. Berbagai peluang juga diciptakan oleh Downing dan Henderson, walaupun tidak membuahkan hasil apapun.

Semuanya berbalik di menit ke-21 ketika Carra menjatuhkan Walters di kotak penalti. Keputusan wasit Clattenburg ini cukup kontroversial, karena sebagian pihak berpendapat bahwa Carra tidak melakukan kontak yang keras, bahka Walters dianggap melakukan pelanggaran terlebih dahulu terhadap Carra. Hal ini pula lah yang kemudian membuat Kenny cukup ‘sewot’ dengan kepemimpinan wasit, karena di sisi lain seharusnya LFC juga mendapatkan setidaknya satu buah pinalti akibat handsball.

Setelah gol Walters dari titik pinalti, keadaan langsung berubah, paling tidak terlihat dari formasi ultra defensive SCFC yang terlihat kokoh (mungkin polanya 8-1-1 :p), dan skor bertahan hingga peluit akhir. Satu kata mengenai pertandingan kemarin: FRUSTRASI Data terakhir dari pertandingan kemarin menunjukkan bahwa LFC menciptakan hampir 550 passes, sementara SCFC tidak lebih dari setengah angka tersebut. Belum lagi melihat data lainnya yaitu adanya 24 tembakan yang dilepaskan LFC, berbanding dengan 3 yang dihasilkan SCFC. Ball possession pun berkisar di angka 70% vs 30% untuk LFC.

Siapapun yang menyaksikan pertandingan kemarin tentu masih ingat bagaimana Hendo gagal mencetak gol saat one on one dengan Begovic. Bertubi-tubi Hendo dan Adam menggempur pertahanan SCFC namun tidak mampu juga mencetak gol. Begitu pula dengan Suarez yang seharusnya mampu mencetak gol di menit-menit akhir. Masuknya Carroll dan Bellamy di pertengahan babak kedua awalnya diharapkan mampu merubah keadaan, tapi gol tidak kunjung tiba. Kesimpulan sepihak agar hati sedikit tenang: KITA KURANG BERUNTUNG. 🙂

Hasil kemarin membawa SCFC ke peringkat empat klasemen sementara ‘Premier League’ dengan perolehan delapan angka. Yang lebih membanggakan bagi SCFC adalah fakta bahwa hingga minggu keempat mereka adalah satu dari enam tim di ‘Premier League’ yang belum terkalahkan. Sejak awal memang seluruh tim menyadari bahwa bermain di Britannia bukanlah tugas yang mudah, terlebih lagi dengan kerasnya permainan fisik dan solidnya pertahanan SCFC. Laga kemarin menjadi bukti bagaimana Shawcross, Upson, dan Begovic sukses mengawal gawang mereka.

Kekecewaan terhadap kekalahan adalah hal yang sangat wajar. Namun dibalik kekecewaan perlu muncul rasa bangga terhadap tim, karena kemarin sangatlah nyata bahwa setiap pemain LFC terus berusaha hingga menit akhir. Saya rasa hal inilah yang paling penting bagi para supporter, yaitu melihat timnya terus berusaha dan mengejar bola hingga peluit akhir dibunyikan. Liga baru saja bergulir, dan banyak sekali kesempatan untuk meraih poin lebih banyak di minggu-minggu selanjutnya. Tentu saja ada beberapa hal penting yang perlu untuk kita benahi di waktu mendatang, seperti penyelesaian akhir dan bagaimana meminimalisir tingkat kesalahan di lini pertahanan.

Pertandingan kemarin boleh berakhir dengan kekalahan, tapi tidak ada gunanya berlarut-larut atau mencari-cari kesalahan. Kita perlu bangkit kembali dan sudah seharusnya fokus pada pertandingan selanjutnya melawan Tottenham Hotspur. Bukan lawan yang mudah, tapi bisa dikalahkan. Performa tim ini ke depan tampaknya akan sangat menjanjikan. Pola permainan sudah mulai terbentuk, dan mungkin sedikit waktu untuk penyesuaian akan membantu.



Bookmark and Share




Previous Post
Stoke City vs LFC : Pendek dan Cepat !
Next Post
Kenny Bertemu Dengan Pimpinan Korps Wasit







1 Comment

Sep 12, 2011

Mantab betul analisanya niy. Mnrt sy kekalahan kemarin sepertinya hanya faktor ketdkberuntungan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Stoke City vs LFC : Pendek dan Cepat !
Gara-gara nemu sebuah artikel menarik tentang preview pertandingan ini, saya jadi gatel (gatel yg ga bisa digaruk :D ) untuk...