Artikel / Berita & Rumor / Feature / July 14, 2011

Mengapa Adam dan Carroll Membutuhkan Downing?

Sementara Carroll masih belum membuktikan nilainya yang sebesar GBP 35M, kita sudah kedatangan lagi 2 midfielders (Jordan dan Charlie) dengan transfer yang tidak rendah.  Tentu saja harga para pemain tersebut membuat kita sedikit khawatir di balik perasaan euforia karena menjadi ‘Orang Kaya Baru’.

Rasa khawatir akan overspending itu pagi ini kembali ditambahkan dengan kabar bahwa tawaran sebesar GBP 18.5M untuk Stewart Downing sudah diterima oleh Aston Villa.  Namun tidak perlu terlalu khawatir, karena menurut kami Downing (dan mungkin tambahan satu sayap lagi) dapat membuat keberhasilan pada transfer Andy Carroll dan Charlie Adam. Mengapa transfer Downing bisa jadi Key Transfer kita musim ini?

Kedatangan Charlie Adam di luar faktor kepemimpinannya di lini tengah dan kehandalannya dalam mengambil bola mati, juga adalah karena ia berhasil memikat Kenny Dalglish dengan umpan diagonalnya yang dilakukan dari lini tengah ke sayap, yang juga menjadi salah satu senjata mematikan Blackpool musim lalu. Ini bekerja karena Ian Holloway selalu memainkan 2 sayap yang siap menerima umpan diagonalnya. ( Cek video ini. Masih merindukan Xabi Alonso?)

Nah, 2 sayap ini lah yang selama ini menjadi masalah bagi Liverpool. Nama nama seperti Nunez, Gonzales, Pennant, Riera, Babel dan Jovanovic tidak dapat membuat Liverpool memanfaatkan lebarnya lapangan.

PADAHAL, crossing cantik dan akurat dari pinggir lapangan adalah hal yang dibutuhkan saat anda punya striker seperti Andy Carroll. Carroll mencetak banyak gol di Newcastle, juga adalah berkat supply crossing dari Barton, baik dari bola mati ataupun open play). Crossing semacam itu yang tidak ia dapat di Liverpool, karena Liverpool bermain  cenderung lebih narrow, dan tidak mengoptimalkan ancaman dari crossing.

Simplenya. Adam mengirim umpan ke sayap, dan Downing mengirim Crossing ke Carroll.

Mari kita lihat statistik Downing yang tadi sempat di tweet oleh @LFC_Bjm:

  1. main 38 kali, 3387 menit, artinya dia pemain inti, jarang dicadangkan/diganti, dan jarang cedera!
  2. total shot 62 kali, dg 26 kali mengarah kegawang, 7 diantaranya menjadi gol. Akurasi tembakannya 42%.
  3. mengumpan kegawang 324x, 79 diantaranya akurat (24%), 7 assistnya menjadi gol.
  4. total passing 1874x, 1292 diantaranya akurat (69%).

Sayap kiri jadi cukup penting bagi Liverpool, dan Aston Villa tau tentang itu.  Dengan statistik seperti di atas, wajar Aston Villa memagarinya dengan harga yang tinggi, apalagi mereka baru saja kehilangan Ashley Young.  Dengan kontraknya yang lebih panjang dari A.Young, wajar jika nilai transfer Downing lebih tinggi.

Sekarang tinggal berharap agar Downing dapat menjadi sayap yang ampuh bagi Liverbird dan menjadi link yang baik antara Adam – Carroll, dan memberikan variasi serangan untuk Liverpool. sekaligus juga berharap untuk Commoli segera off load pemain2 dengan gaji tinggi.

 

sumber: mirrorfootball.co.uk dan @LFC_Bjm

 


Tags:  adam carroll downing

Bookmark and Share




Previous Post
Video: Charlie Adam & Andy Carroll
Next Post
[Terjemahan] The Scouser Report: Soccernomics, Moneyball and Liverpool’s Transfer Policy







5 Comments

Jul 14, 2011

well, 79 umpan (crossing) akurat dalam 38 partai, artinya 2 dalam setiap partai atau 1 setiap 45 menit.
Tetap saja harga diatas 15jt pounds buat Downing terlalu mahal IMO.


Jul 14, 2011

Cuma mau bilang setuju.
YNWA!


Jul 14, 2011

Analisisnya cadas gan. YNWA!


Jul 14, 2011

Buat saya apa yang sudah menjadi keputusan pihak LFC itu udah pasti yang terbaik masalah harga mahal gak mahal itu bukan jadi masalah kita toh yang keluarin duit jg bukan kita tapi pihak menejemen LFC yang penting LFC harus kembali ke BIG 4 lagi itu yang paling penting YNWA!


Aug 13, 2011

Andy Carroll akan tajam kembali…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Video: Charlie Adam & Andy Carroll
Charlie Adam Passing di Blackpool. Andy Carroll Goals di Newcastle