Pertandingan / August 24, 2010

(Post Match) Kekalahan pertama musim ini. Perbedaan kualitas atau kesalahan taktik?

Review Pertandingan
Berkunjung ke kandang Manchester City dini hari tadi, Roy Hodgson membuat banyak orang terkejut dengan menurunkan formasi 4-4-2 dan menduetkan Torres dengan N’Gog di depan. Ada rumor hal ini disebabkan Mascherano menolak untuk diturunkan karena ingin dijual ke Barcelona, tapi mengapa Roy tidak memberikan kepercayaan kepada Poulsen yang notabene adalah pemain yang dibeli atas pilihan Roy Hodgson sendiri? Jawabannya mungkin macam-macam, persiapan fisik, taktik, dll., tapi begitu melihat nama-nama skuad yang diturunkan kemarin memang langsung terbayang The Reds akan kesulitan memenangi duel khususnya di tengah dan tampak terbukti.

Steven Gerrard memang adalah pemain serba bisa yang mampu bersinar di berbagai posisi dalam karirnya. Namun menempatkan dia di tengah dimana dia harus membantu pertahanan melawan tim yang kombatif dengan pemain-pemain berfisik kuat seperti Toure, Tevez dan Milner sambil mengharapkan dia juga mengatur serangan membuat sang kapten sedikit kewalahan. Mungkin saja akan berbeda apabila partnernya di tengah adalah Mascherano yang garang dan destruktif ketimbang Lucas yang walau bermain tidak buruk kemarin tapi lebih kalem dan tampak terlalu respek ke Gerrard sehingga sedikit Gerrard-sentris dalam memulai serangan ketimbang mengambil inisiatif sendiri.

Satu lagi pemain yang terbuang bermain di posisi yang salah menurut saya adalah Daniel Agger. Kemampuannya membawa bola keluar dari daerah pertahanan kita sangat dibutuhkan melawan tim yang melakukan pressing dari depan seperti Man. City. Di pertandingan tadi pagi Carragher berkali-kali melakukan long ball langsung ke depan yang lebih sering mentah di kaki lawan. Mendatangkan left-back baru adalah prioritas yang sudah sangat mendesak, terutama dengan Fabio Aurelio yang tak kunjung fit dan rawan cedera. Masalahnya adalah, ketika nanti kita sudah memiliki bek kiri baru (atau Aurelio yang fit), siapakah yang akan diduetkan di tengah dan siapa yang harus dicadangkan dari Skrtel-Carra dan Agger? Hal ini tentunya akan memberikan bahan pikiran untuk Roy, adanya persaingan posisi akan bagus untuk kualitas tim itu sendiri tapi apakah pelatih kita berani mencadangkan Carragher (bila perlu)?

Satu hal yang juga terlihat kemarin adalah belum padunya kombinasi Torres dan N’Gog. Tentu saja masih terlalu dini menyatakan bahwa kombinasi ini tidak akan cocok dan kalo mau jujur, kalau saja Joe Hart di bawah mistar gawang City tidak sedang dalam performa terbaiknya mungkin ada peluang kita yang menghasilkan gol, tapi kedua pemain selama ini sudah terbiasa memimpin penyerangan sendirian di depan sehingga akan butuh waktu untuk menyatu, itu tentu saja kalau 4-4-2 akan dipakai lagi oleh Roy di masa yang akan datang. Banyak pengamat mengatakan formasi yang sangat ‘English’ ini memang sudah jarang digunakan, terutama di Eropa dan diganti ke 4-3-3/4-2-3-1 yang lebih rapat dan fleksibel. Di piala dunia kemarin tampaknya hanya England yang masih memakai 4-4-2 dan hasilnya terlihat kurang memuaskan. Untuk bermain 4-4-2 secara efektif, kita membutuhkan paling tidak satu pemain sayap murni di salah satu sisi. Pemain ala Pennant, Riera atau Damien Duff yang jadi winger Roy di Fulham. Jovanovic dan Kuyt bukanlah winger murni dan terlihat jelas mereka bermain kurang efektif kemarin.

Eniwei, jalan masih panjang. Roy Hodgson mendapatkan pelajaran berharga dan dia juga bisa mengenal pemain-pemainnya lebih dekat. Bagaimana setiap individu bereaksi terhadap situasi tertentu dll. Lubang-lubang yang perlu ditutupi juga seharusnya sudah terlihat jelas, kini yang penting adalah reaksi LFC sebagai tim untuk memperbaiki performa dan memenangkan pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Come on ye Redmen!

(mn)
Celoteh:
Manchester City sebenarnya tidak terlalu istimewa permainannya kemarin, namun sayangnya Liverpool sendiri masih jauh dari performa terbaiknya. Gol dari Corner, salah Man to Man Marking? Lalu mesti balik ke Zonal Marking atau individunya yang diperbaiki?



Bookmark and Share




Previous Post
Lirik: Field of Anfield Road
Next Post
VIDEO: Highlight Trabzonspor 1 -2 Liverpool







1 Comment

Aug 24, 2010

permainan liverpool kaku tadi malem



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Lirik: Field of Anfield Road
Outside the Shankly Gates, I heard a Kopite calling, Shankly they have taken you away, But you left the great eleven, Just...