Artikel / February 9, 2011

Rangkuman Tweet: Kebijakan Transfer Kenny Dalglish

Jika transfer tentang To**es kemarin cukup mencengangkan, jangan heran. Dalglish memang terkenal “berani” melepas pemain “bintang” nya. Demi kemajuan klub.

PENJUALAN
Musim 85/86 saat menjadi player-manager di LFC, Kenny berani melepas pemain bintang saat itu. 2 diantaranya dilepas di awal musim. Siapa aja nama nama besar yang di lepas King Kenny?

1. Phil Thompson (Thommo) mantan kapten musim 79-81 di lepas ke Sheffield Wednesday,
2. Alan Kennedy dilepas ke Sunderland. Siapa yg ga kenal mereka berdua ? Mereka adalah pemain legenda LFC.
3. Di tengah musim 85/86, Phil Neal kapten squad 84/85 yg artinya kapten musim sblmnya juga dilepas. Jelas suatu langkah yang berani.3 nama besar tersebut memang sudah berusia di atas 30 tahun saat di lepas oleh Dalglish. Ibarat kalau sekarang, melepas Carra 🙂
4. Musim 86/87, Sammy Lee (sekarang asisten nya) juga dilepas di awal musim. Menjadi satu-satunya pemain yg dilepas di musim 86/87 tersebut.
5. Langkah paling heboh adalah ketika melepas Rush ke Juventus di musim 87/88, dgn rekor penjualan termahal oleh klub Inggris saat itu. Rush yg ketika itu jadi “Golden Boy” menyatakan ingin pengalaman baru dan ingin pindah. Jadi bukan Dalglish yg ingin menjualnya.

PEMBELIAN
Musim 87/88 itu juga, Dalglish mencatatkan rekor lagi di perihal pembelian pemain. Pemain yg didatangkan dgn maksud menggantikan Rush kemudian menjadi bagian dari nama nama legenda LFC.
1 .Peter Beardsley dibeli dari Newcastle dengan nilai transfer termahal oleh klub Inggris saat itu. 1.9 jt pounds ! PB menymbang banyak gol di 4 tahun bersama Liverpool, sebelum pindah ke Everton tahun 1991. urutan 19 di daftar 100 Players Who Shook The Kop.
2.John Barnes didatangkan dari Watford dengan nilai transfer 900,000 pounds. Kedatangannya sempat menuai kontroversi sebagai (maaf, bukan rasis) pemain berkulit hitam pertama dari luar klub. Hasilnya? di musim pertamanya ia menymbang 15 goal yang membantu memberi Tital juara musim itu. 10 tahun bermain untuk Liverpool, ia mencetak 110 gol, dan ada di urutan 5 dari 100 Players Who Shook The Kop.

Selain melepas pemain-pemain “bintang” saat itu, pemain yg didatangkan Dalglish juga akhirnya banyak yg akhirnya jadi legend. Nama-nama spt Aldridge, Beardsley, Barnes, McMahon,Staunton, dan tentunya Rush 🙂 adalah yg sangat dikenal halayak.

Naaah, udah pada ada yg nyebut ttg kemiripan transfer musim 87/88 dgn transfer kemarin kan? Menarik yaah? 🙂 Transfer di musim 87/88 memang sangat identik dengan transfer dengan aktifitas transfer kemarin itu.

a. Rush & Torres 10/11 , posisi striker, status golden boy, dilepas dgn rekor penjualan termahal utk pemain dr klub Inggris.
b. Beardsley & Carroll, dibeli dengan rekor pembelian termahal utk pemain asli Inggris , posisi striker, club asal : Newcastle.

Dalglish “memecahkan rekor” nominal transfer ga cuman wkt di LFC aja. Di Blakburn, 2 kali Dalglish bikin rekor transfer termahal Inggris. 92/93 Shearer dibeli Bakburn dr Southampton. £3.5M rekor transfer saat itu. Hasilnya, Blackburn (wkt itu tim promosi) ada di posisi 4. 94/95 Chris Sutton dibeli Blackburn dr Norwich, £5M juga rekor ketika itu. Duet Sutton-Shearer, membantu Blackburn jadi juara musim itu.



Bookmark and Share




Previous Post
Luis Suarez
Next Post
Wujudkan Impian ke Anfield !







1 Comment

Feb 09, 2011

[…] This post was mentioned on Twitter by Arnan P. Binafsihi, Erry Febrian, nanankthereds, Imam Maliki Alik, LFC ID and others. LFC ID said: Rangkuman Tweet: Kebijakan Transfer Kenny Dalglish: http://t.co/KC1ZP2e […]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Luis Suarez
Kekuatan: Secara teknis sangat baik dan dengan finsihing akurat , striker mematikan ini merupakan ancaman dari jarak jauh,...