Artikel / Feature / Lain lain / September 18, 2016

[Resensi Buku] Jurgen Klopp The Biography

Pendukung Liverpool FC mencintai atau mengidolakan Jurgen Klopp adalah sebuah kewajaran. Kondisi yang terbentuk dengan sendirinya sejak pria Jerman ini didapuk menjadi manajer klub. Selain tentunya karena prestasinya bersama Dortmund, antiknya dia di pinggir lapangan, juga perilakunya di hadapan media.

Tengok kembali sebuah frase kuno “Tak kenal maka tak sayang” , maka kecintaan kita sebagai pendukung Liverpool rasanya belum sah jika belum mendalami bagaimana perjalanan Klopp menjadi sosok antik saat menyaksikan tim nya dari pinggir lapangan, luwes menghadapi media, dan juga perjalanannya meraih prestasi.

Buku karya Elmar Neveling ini sepertinya bisa menjadi salah satu sarana untuk kita lebih mengenal Klopp, perjalanan karirnya, juga mengetahui hal-hal yang membentuknya menjadi seorang manajer tim sepakbola karismatik sekaligus antik.

Elmar Neveling – seorang jurnalis lepas yang terbiasa menulis untuk majalah DFB Bundesliga, koran lokal Ruhr Nachrichten – , melakukan pekerjaan melelahkan dengan menuliskan biografi orang yang belum selesai dengan perjalanan karirnya. Dikatakan melelahkan karena tentunya harus kembali melakukan riset dan mengumpulkan informasi untuk nantinya melakukan update atas buku ini, seiring perjalanan hidup dan karir Jurgen Klopp.

Neveling melakukan riset penulisannya dengan mewawancarai banyak pihak yang tau dan mengenal tKlopp. Hasil wawancaranya ini kemudian dia rangkai dengan berbagai pernyataan Klopp di media. Hasilnya adalah sebuah penuturan singkat mengenai perjalanan hidup dan karir Jurgen dari masa remajanya di Glatten, hingga hijrahnya ke Merseyside.

Klopp selalu menginginkan tim asuhannya mengedepankan kerjasama, ketimbang skill individu satu dua pemain tertentu. Klopp juga selalu menginginkan pemainnya untuk kerja keras. Dalam sebuah bab di buku ini anda akan bisa tau bahwa masa remajanya lah yang membentuk prinsip ini.

Dalam sebuah bab lain di buku ini, kita akan dibuat sedikit mengerti bahwa salah satu yang menjadikan Klopp sebagai seorang manajer penuh ekspresi emosional di pinggir lapangan adalah karena keterbatasan kemampuan (skill) bermainnya, yang tidak berimbang dengan pemahamannya atas sepakbola yang kemudian memunculkan banyak ide di kepalanya.

Klopp tidak pernah berpura-pura, selalu menjadi dirinya sendiri, dan berbicara apa adanya dan sesuai fakta. Inilah yang menjadikannya magnet bagi media. Apa yang diucapkannya selalu menarik dan penuh makna.

Tidak ada bagian dari buku ini yang berdasarkan wawancara langsung penulis dengan Jurgen, sehingga dirasa kurang detil terjabarkan. Pribadi dan pembentukan karakter Klopp tidak bisa lebih terperinci dibahas. Begitupun dengan alasan sebenarnya dibalik pengunduran dirinya dari Dortmund.

Meski demikian, Neveling cukup berhasil membawa kita sedikit memahami mengenai cara kerja Jurgen Klopp dalam membangun tim, metode kerja nya. Beberapa intrik, insiden dan konflik saat menjalani karirnya sebagai pemain dan manajer di Jerman juga mendapat porsi tersendiri meskipun tidak banyak. Dalam buku ini juga bisa anda dapatkan informasi mengenai siapa saja orang yang punya pengaruh dalam karir, prestasi dan pembentukan karakter seorang Jurgen Klopp.

Buku yang dirilis oleh Ebury Press ini adalah edisi terupdate yang ketiga. Dirilis pertama kali tahun 2011 di Jerman, dengan judul Echte Liebe (Real Love) di mana fokus dari edisi awal ini hanya sampai pada pencapaian Klopp bersama Dortmund. Update ke dua nya, tahun 2015 menambahkan ulasan yang lebih terperinci mengenai pencapaian tersebut, sekaligus perjalanan Dortmund mencapai final Liga Champion 2012/2013. Kedua edisi ini masih dalam bahasa Jerman.

Rilisan ke-3 ini adalah rilisan pertama dalam bahasa Inggris, mengiringi perjalanan karir Klopp yang memutuskan bersedia didapuk menjadi arsitek nya Liverpool FC. Dan karena alasan ini juga lah, kami menyempatkan untuk membaca buku ini.

Anda yang ingin membaca buku ini, bisa mendapatkan di online store ternama seperti Amazon ( £7 ) untuk versi e-book nya £5 (Kindle version) Yang ingin baca di smart phone juga bisa dapat di iTunes maupun Google Books dengan tebusan sekitar 135 ribu Rupiah.

Sayangnya berdasarkan hasil cek kami dengan beberapa toko buku ternama di Jakarta, belum ada yang punya buku ini dalam koleksi mereka.

A must read for Liverpool supporter.



Bookmark and Share




Previous Post
IF NOBODY CAN’T (DEFEND), EMRE CAN







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
IF NOBODY CAN’T (DEFEND), EMRE CAN
“Why put another layer of gold paint on Bentley when you’re losing the entire engine” – Zinedine Zidane , when Makelele...