Feature / August 18, 2012

Selamat Datang Premier League 12/13.

Tak terasa, hari yang kita tunggu-tunggu sudah di depan mata. Liverpool bersama 19 klub lainnya akan mengarungi Barclay Premier League musim baru.  Lawannya tetap sama, hanya Bolton, Blackburn dan Wolves yang di gantikan oleh Southampton, Reading dan West ham. Harapan kita tetap sama, yakni gelar ke 19, namun kali ini pihak klub mencoba realistis dan playing down expectation menjadi ‘Zona Champion League’. Namun ada perubahan lumayan banyak di internal Liverpool.

MANAGEMENT. Brendan Rodgers datang ke Liverpool membawa apa yang ia terapkan di Swansea. Possesion Football, atau mungkin kita akan lebih akrab jika disebut Pass & Move. Sejauh ini nampak cukup menarik, berbeda serta memberi hasil yang baik dalam 6 laga pre-season BPL (termasuk 2 laga di EL). Nampaknya beliau juga seorang manager yang baik, sejauh ini. Paling tidak ‘perubahan kecil’ yang diusulkannya , yakni mengganti TIA Sign dengan yang lama serta mengembalikan warna jaring gawang menjadi merah cukup menimbulkan simpati dan memberi ikatan romantisme pada manager baru ini.

SQUAD. Normal jika pada transfer window, tiap klub membongkar Squadnya agar menjadi lebih baik, apalagi jika kedatangan manager baru. Aurelio, Kuyt, Bellamy, Aquilani serta Maxi pergi. Ini dapat dipahami, selain mulai lepas dari usia emas mereka, gaji mereka juga cukup besar. Bellamy pergi atas keinginan sendiri dengan alasan keluarga. Good Luck untuk mereka semua di klub barunya. Borini, Allen dan Assaidi masuk serta kita menunggu 1-2 pemain lagi untuk masuk.

Selain kepergian Aurelio (yang memang jarang bermain) Rodgers nampak tidak menyentuh LINI BELAKANG Liverpool yang season lalu  sebenarnya cukup bagus jika diukur dari jumlah kebobolan. 40 gol, hanya City dan United yang kebobolan lebih sedikit. Sayangnya, 40 gol itu tercecer di sekian pertandingan yang mengakibatkan kehilangan poin. Rodgers nampak masih akan mempercayakan Enrique, Agger, Skrtel dan GlenJo untuk jadi pilihan utama, serta memberi kesempatan pada Coates, Wilson, Kelly, dan beberapa Youngsters.

LINI TENGAH yang menjadi lini vital untuk menerapkan skema permainan musim ini. Di situ Rodgers membongkar pasang squad. Dua pemain andalannya di Swansea, Allen serta muka baru Assaidi diboyong untuk memberi variasi taktik di lini tengah. Allen nampak akan dipercaya untuk mengontrol permainan. Menumpuk gelandang? Sebenarnya tidak juga melihat ada 5 gelandang pergi, dan hanya 2 transfer yang masuk. Atau bisa jadi menumpuk, jika kembalinya Joe Cole dan Pacheco diperhitungkan. Tapi merupakan sebuah keuntungan memiliki banyak pemain dengan tipe berbeda untuk menerapkan taktik yang variatif untuk mengarungi 4 kompetisi. Jadi, banyaknya gelandang tidak masalah. Saya sendiri memprediksi akan ada gelandang yang pergi di akhir Transfer Window.

Pulihnya Boss Lucas dapat dianggap sebagai signing terbaik pada Summer Transfer Window. Kita masih ingat betapa banyaknya lubang di lini tengah sepeninggal Lucas cedera. Pemilik tackle rate terbaik se-Eropa season 10/11 ini  tentu saja akan memberi stabilitas yang lebih baik di lini tengah.

Pembaruan kontrak jangka panjang bagi Suarez adalah sebuah langkah yang sangat bagus. Tak dapat diragukan, Suarez akan tetap mempimpin di LINI DEPAN, yang jadi pertanyaan adalah siapa saja yang akan mendampingi nya? Apakah Big Andy akan terpakai pada skema permainan Rodgers, apakah Borini lebih nyetel dengan gaya Suarez? Atau mungkin Downing akan di dorong maju dalam sebuah skema trisula Borini – Suarez – Downing? Satu yang pasti ada dalam kepala kita semua adalah agar Suarez cs tidak terlalu akrab dengan tiang gawang.

Jadi, Selamat datang musim 12/13. Semoga target kita terlaksana, yakni kembali ke Liga Champion. Jangan ada lagi kesalahan2 sepele yang mengakibatkan kita drop points terlalu banyak.



Bookmark and Share




Previous Post
[Polling] Siapakah 'The Next LFC Manager' Pilihanmu?
Next Post
Apa Yang Kamu Harapkan Dari Liverpool Di Season 2012/2013







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
[Polling] Siapakah 'The Next LFC Manager' Pilihanmu?
[poll id="2"] Hengkangnya King Kenny membuat jabatan lowong sebagai Pelatih/manager menjadi santapan utama media Inggris...