Artikel / Sejarah / February 24, 2011

Tentang THE KOP.

1) ‘Kop’ adalah salah satu sektor/teras penonton berdiri, yang kecuraman nya mirip Bukit tempat pertempuran Spion Kop, Jan 1990.

2) Hampir di semua stadion olahraga di UK ada bagian berdiri, yang sebenarnya dapat dinamai The (Spion) Kop.

3) Namun Anfield lah yang pertama kali secara resmi menggunakan nama ‘Spion Kop’ utk menamai sektor penonton yg berdiri (teras).

4) Adalah Ernest Jones dari Liverpool Echo yang pertama kali mengusulkan nama tersebut. Dan nama ‘Kop’ juga dipakai di banyak stadion di UK.

5) tapi karena Anfield pengguna pertama dan paling terkenal, maka ‘The (Spion) Kop’ identik dengan Liverpool FC.

6) Sejak tragedi Hillsborough (1989) , demi keselamatan, semua sektor berdiri di stadion Inggris ditiadakan, harus diberi kursi.

7) ada 4 bagian sektor tempat duduk di Anfield; Main Stand, Anfield Road, Centenary Stand, dan Kop Stand, yang dianggap paling militan.

8 ) Saking angkernya, The Kop dianggap menghisap bola ke arah gawang lawan di dekat mereka. agak lebay sih, tapi namanya juga ungkapan 😀

9) jadi cukup penting bagi Liverpool untuk memainkan babak pertama menyerang ke arah The Kop, untuk mencetak gol awal.

10) The Kop juga mempunyai kebiasaan untuk memberi applause ke kiper lawan yang menjaga gawang dekat sektor itu. Pepe & Brad Jones terkesan.

11) The Kop bisa dianggap sebagai sektor yg memimpin suporter di sektor2 lainnya dalam mendukung Liverpool dengan Liverpool-Way nya.

12) rangkuman ‘bagaimana menjadi pendukung Liverpool yang sesungguhnya’ itu terangkum dalam Kop Pledge:

12.1) SELALU mendukung klub, seburuk apa pun mereka bermain.

12.2) saat team bermain buruk, bernyanyilah lebih keras, karena saat itulah mereka sangat membutuhkan dukungan kita lebih banyak.

12.3) jika ada pemain yang bermain buruk, nyanyikanlah namanya. dia sangat membutuhkannya.

12.4) jika lawan bermain bagus, berikanlah apresiasi dan kredit yang memang layak mereka dapatkan.

13) tahun 2007, kampanye Reclaim The Kop digencarkan lagi untuk mengingatkan nilai nilai Liverpool Way. bisa dilihat http://bit.ly/e2UWKp

14) ini beberapa poin dari RTK: -DO sing unique Liverpool songs – DO applaud the opposition’s goalkeeper, its respectful and The Kop’s way.

14.1) – DO honour, respect and remember the Hillsborough disaster and those who died on April 15th 1989 – DO NOT purchase the Sun newspaper.

14.2) DO sing Youll Never Walk Alone – loud and proud.

15) kira2 begitulah tentang The (Spion) Kop. Media di sini menganggap The Kop julukan utk LFC, yg sebenarnya merujuk kepada supporternya.

Fans LFC khususnya The Kop memang selalu terkenal kreatif dan inspiratif, sampai ada istilah “you get your education from the kop”.

” Ketika Rafa minta saya bergabung dgn LFC, hal pertama yg saya ingat adalah saat Kop memberi applause untuk saya sebagai kiper lawan. Awalnya saya sangka applause itu utk pemain LFC, tapi ketika saya menoleh tidak ada siapa-siapa, baru saya sadar itu untuk saya. Ketika saya memberi applause balik, The Kop pun bersorak. Luar biasa. Saya tidak pernah melihat hal ini dimanapun sebelumnya.” kata Pepe Reina yang pernah bermain vs Liverpool di Anfield di semifinal UEFA Cuo 00-01 saat masih berusia 18 thn.


Tags:  the kop

Bookmark and Share




Previous Post
PREVIEW: AC Sparta Prague vs Liverpool FC
Next Post
Kisah seorang Andy Carroll (part1)







4 Comments

Feb 25, 2011

trima ksih informasiny…
merinding baca kop pledge.


Jul 25, 2011

mantap, ynwa


Feb 29, 2012

keren banget kop pledge


Mar 11, 2012

mmmmmmm buat kami bangga….thanks You’ll Never Walk Alone JFT 96



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
PREVIEW: AC Sparta Prague vs Liverpool FC
Reds, siap melawat ke Sparta Prague? hari ini kita akan nge tweet beberapa match facts tentang laga dinihari nanti (Live...