Berita & Rumor / January 4, 2012

[Terjemahan] Kenny Dalglish Menjawab Pertanyaan Soal Kasus Suarez

Berikut ini adalah terjemahan post-match press conference pasca kekalahan di kandang City kemarin. Terlihat jelas para reporter berusaha memancing Dalglish mengatakan sesuatu yang kontroversial tentang FA dan kasus Suarez. Untungnya Kenny Dalglish jauh lebih pintar daripada mereka semua.

 

Reporter: “Kenny, masyarakat luas cukup terkejut mengetahui ada seorang pemain memanggil seorang dengan sebutan ‘negro’ dan pemain yang di panggil merasa tersinggung sementara tidak ada pernyataan permohonan maaf dari klub anda”

King Kenny: “Saya kira kalau kau menyebut kata itu dengan benar, kau akan lebih memahaminya. Saya rasa Suarez berbicara dalam bahasa Spanyol dan engkau tadi tidak berbicara dalam bahasa SPanyol”

Reporter: OK, kalau seorang pemain menyebut seseorang ‘negro’ [dalam penyebutan Spanyol], tentunya pemain yang dipanggil dengan sebutan itu berhak mendapatkan permohonan maaf”

King Kenny: “Tanyakan kepada ahli bahasa, saya tentunya bukan seorang ahli. Mereka akan mengatakan bahwa dari daerah Uruguay tempat Suarez berasal, hal itu hal yang bisa di terima. Istrinya memanggilnya dengan kata itu dan saya rasa dia tidak tersinggung dengannya. Kita telah membuat pernyataan dan semua orang bisa membacanya. Luis juga telah membuat pernyataan yang brillian dan kita akan mendukung dia.”

Reporter: “Tapi keputusan FA mengatakan bahwa adalah ‘luar biasa’ jika menganggap penggunaan kata itu tidaklah offensive dalam situasi yang jelas kedua pemain sedang bertengkar dan tidak ramah”

King Kenny: “Ada banyak hal yang ingin kita katakan dan banyak yang bisa kita sampaikan tapi kita hanya akan mendapat masalah. Kita tidak sedang berusaha mengelak..well, kita memang sedang mengelak karena kita tidak ingin mendapatkan masalah. Tapi kita tahu apa yang terjadi. Kita tahu apa yang tidak ada dalam laporan FA dan itu penting untuk kita. Jadi untuk menghindari saya membuat masalah untuk klub, saya rasa cukup demikian”

Reporter: “Kenapa memilih mengambil hukuman sekarang dan absen di tiga game berikut termasuk semi final Carling vs Man. City?

King Kenny: “Dia bisa saja bermain tapi dia toh tetap harus absen 8 pertandingan. Jadi sama saja kan sekarang dengan nanti? Lebih baik segera melewati situasi ini”

Reporter: “Mark Lawrenson berbicara di radio bahwa anda patut khawatir sekarang Suarez mungkin akan tidak betah di Inggris. Apakah ini masalah?

King Kenny: “Karena Mark Lawrenson bicara demikian? Tidak. Saya tidak melihat alasan kita perlu menjawab siapapun. Kalau kamu bertanya apakah saya khawatir tentang Suarez bermain di Inggris, maka tidak.”

Reporter: “Apakah Suarez cukup tegar?”

King Kenny: “Saya tidak ada masalah dengan Luis bermain di Inggris”

Reporter: “Apakah engkau menyesal memakai T-Shirt Suarez?

King Kenny: “Begini, jika salah satu dari kalian mendapat masalah, akankah kalian menolongnya? Akankah kalian mendukung dia jika kalian tahu yang sebenarnya dan menganggap dirinya benar? Akankah kalian mendukung dia?”

Reporter: “Tapi tidak dengan T-Shirt saat dia sudah dinyatakan bersalah”

King Kenny: “Kenapa tidak? Jika para pemain ingin menunjukkan dukungan mereka untuk rekan se-tim, apa salahnya? Itu adalah pernyataan yang bagus untuk secara visual mendukung seseorang yang disenangi di ruang ganti, salah satu teman terdekat mereka di ruang ganti dan semua temannya di ruang ganti bisa memberikan dukungan mereka untuknya. Dan saya rasa adalah hal yang berbahaya dan disayangkan bahwa kalian tidak mengetahui seluruh isi apa yang terjadi di sidang kasus tersebut. Saya tidak siap, dan saya tidak bisa menyatakannya, tapi saya hanya bilang sangat di sayangkan kalian tidak pernah mendengarnya. Hanya itu yang saya sampaikan”

Reporter: “Kenny, melihat publik umum menentang pandangan anda, apa ruginya engkau beritahu kita dan membeberkan apa yang kau siratkan tadi tidak tertulis di pernyataan FA?”

King Kenny: “Terserah klub memutuskan apa yang akan mereka lakukan”

Reporter: “Tapi kalau ada yang ingin kau sampaikan, maka sampaikanlah – karena kalau tidak bukankah engkau hanya menggali lubang lebih dalam untuk dirimu sendiri?”

King Kenny: “Saya tidak merasa kita menggali lubang lebih dalam tetapi saya hanya merasa sayang kita tidak bisa lebih terbuka. Itulah yang paling saya sayangkan”

Reporter: “Dalam pernyataan anda, anda secara tidak langsung menuduh FA berkonspirasi melawan klub anda?”

King Kenny: “Oh, jadi mereka sudah membuat pernyataan…”

(Petugas press LFC menginterupsi dan meminta berhenti bertanya masalah Suarez)

Reporter: “Sidang dengar pendapat diadakan untuk membeberkan semua bukti, 115 halaman berisi bukti, dan menurut anda FA telah melakukannya secara subjektif. Jadi menurut anda FA mengincar Liverpool dan Suarez?”

King Kenny: “Mungkin kita saja yang berada di tempat dan waktu yang tidak tepat. Bisa saja terjadi pada klub lainnya. Saya tidak bisa menjawab untuk FA, tanya saja sendiri ke mereka”

Reporter: “Menurut anda ada agenda melawan/merugikan Liverpool”

King Kenny: “Tidak, kamu yang mengatakannya. Saya tidak pernah. Kaulah yang mencari masalah, saya baik-baik saja”

Reporter: “Apakah anda khawatir pertandingan pertama Suarez nanti bisa jadi adalah di Old Trafford”

King Kenny: “Saya hanya akan senang dia bermain kembali”

 

 

Diterjemahkan dari transkrip di website Guardian: http://www.guardian.co.uk/football/2012/jan/04/kenny-dalglish-luis-suarez-transcript?CMP=twt_gu

@metalmickey



Bookmark and Share




Previous Post
COME BACK STRONGER, LUCAS!
Next Post
Suarez - Schadenfreude Media Massa







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
COME BACK STRONGER, LUCAS!
tulisan ini di buat oleh Lody Carlos (@lodybear) Kabar terburuk minggu ini adalah jelas tentang Lucas Leiva yang akan absen...