Berita & Rumor / September 23, 2010

[terjemahan] Mengapa LFC tampaknya akan menjadi milik RBS

Artikel ini adalah artikel terjemahan dari artikel berjudul “Why RBS looks set to own Liverpool FC” oleh Robert Peston yang terkenal dengan artikel finansialnya di bbc.

 

Mengapa LFC tampaknya akan menjadi milik RBS
by Robert Peston

Bagi siapapun yang berminat memiliki Liverpool FC, kalkulasi yang penting adalah: Apakah mereka mau membayar dengan harga tinggi dan membeli klub dan bisnisnya sekarang dengan harga sekitar £420m – £600m atau apakah mereka memilih menunggu sampai LFC jatuh ke tangan bank yang memberi hutang dengan harapan setelah itu mereka bisa membeli dengan harga sesuai dengan jumlah hutangnya, yakni kurang lebih £280m (yang sudah termasuk £40m biaya tunggakan?)

Kebanyakan akan berkata logika komersial kasar diatas hanya akan merujuk ke satu jawaban.

Dengan tenggang waktu 15 Oktober yang semakin dekat dimana Royal Bank of Scotland (RBS) akan menentukan apakah pihak mereka akan mengambil alih LFC, kebanyakan peminat tentunya akan lebih memilih menunggu.

Itulah mengapa semakin lama tampaknya Liverpool akan segera menjadi milik RBS dan bank US Wachovia (yang memberikan sekitar 25% dari hutang tersebut)

Namun demikian, ada beberapa pertanyaan.

Pertama, apakah RBS bisa mengambil alih klub tanpa menyebabkan LFC masuk ke administration? Yang otomatis akan membuat LFC mendapatkan hukuman pengurangan 9 poin dari perolehan poinnya di liga (Dengan 5 point yang baru diraih saat ini berarti poin LFC akan menjadi -4, sesuatu kenyataan yang tidak terbayangkan)

Menurut sepengetahuan saya, para pengacara yang mewakili RBS sedang mencari celah dan menyelidiki apakah pihak bank bisa mengambil alih klub tanpa membawanya ke status administration.

Juga, untuk menghindari keraguan, RBS menginginkan kepemilikan akan Liverpool sama seperti Superman menginginkan kryptonite. Jika, pada pertengahan Oktober, RBS akhirnya secara resmi memiliki LFC, rencana mereka adalah menjual klub ini ke pemilik baru sesegera mungkin.

Terakhir, inilah darimana angka £420m – £600m sebagai harga yang dibutuhkan untuk membeli LFC sekarang itu berasal:
• £600m adalah jumlah yang diinginkan kedua pemilik asal Amerika, Tom Hicks dan George Gillett untuk membeli hutang bank dan ekuitas mereka. Ini berarti mereka menghargai kepemilikan mereka seharga £300m. Jumlah ini otomatis memberikan mereka keuntungan yang cukup besar.
• Sementara £420m berarti pembeli membayar kembali ke Hicks dan Gillett £140m yang mereka kucurkan ke Kop Holdings (perusahaan yang mereka buat untuk membeli LFC) melalui jalur mereka di Cayman Island. Hal ini sama saja dengan memberikan kembali uang yang mereka sudah keluarkan selama ini tanpa profit.

Mungkin ada sebagian supporter Liverpool yang merasa adalah pantas membayar Hicks dan Gillett uang sekitar £140m-£320m demi menghindari jatuhnya LFC ke tangan bank yang memberikan hutang – walaupun bukti bukti di blog-blog dan website supporter menunjukkan bahwa kebanyakan dari mereka lebih baik menusuk mata mereka dengan jarum daripada memberikan keuntungan ke duo Amerika tersebut.

Namun, saya tidak yakin diantara para supporter-supporter tersebut ada yang memiliki uang simpanan sebesar £500m, itulah mengapa cukup besar kemungkinan RBS akhirnya akan menjadi pemilik Liverpool FC (untuk beberapa saat). (mn)

Untuk artikel asli bisa dilihat disini:
http://www.bbc.co.uk/blogs/thereporters/robertpeston/



Bookmark and Share




Previous Post
(preview) Man. United vs Liverpool. Pentas Joe Cole dan Meireles Untuk Bersinar?
Next Post
#LFCtrial - Ringkasan persidangan penentu masa depan LFC







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
(preview) Man. United vs Liverpool. Pentas Joe Cole dan Meireles Untuk Bersinar?
Salah satu game paling dinanti tiap musim oleh pendukung kedua tim dan bahkan fans sepakbola pada umumnya kali ini datang...