Artikel / July 27, 2011

[Terjemahan] Mengintip latihan Liverpool FC bersama Darren Burgess

Q: Bagaimana kamu menilai setiap individu lalu merancang sebuah latihan fitness khusus untuk pemain tersebut? Apakah ada contoh?

A: Kita beruntung memiliki sebuah sistem bernama ProZone yaitu sebuah sistem yang memanfaatkan kamera yang ditempatkan di beberapa penjuru di Anfield, klub-klub elite rata-rata telah menggunakan sistem ini. Dengan ini kita bisa mengetahui seberapa banyak pemain berlari, berjalan atau sprint dalam pertandingan, kemana mereka mengoper bola, berapa banyak passing yang mereka buat, etc. Ini sangat berguna untuk seorang pelatih kebugaran dan tidak ada yang tidak terlihat, jadi seusai pertandingan kita bisa mengetahui apa yang dilakukan setiap pemain di setiap posisi. Apa yang kita lakukan pada saat training adalah memasang GPS di punggung pemain dan juga alat monitor jantung, sehingga kita bisa meniru apa yang terjadi di pertandingan sesungguhnya dalam sesi latihan. Dengan ini saya bisa berkata pada pemain “Hei, kamu mesti meningkatkan performa kamu” dan jika dia bilang “Tapi saya sudah berlatih keras kok”, saya tinggal menunjukkan hasil statistik penilaian dan itu tidak pernah berbohong.

Contohnya adalah Andy Carroll, salah satu striker baru kita yang di beli dengan harga yang cukup mahal di bulan Januari. Kita tahu dalam pertandingan dia tidak perlu berlari sebanyak/sejauh para pemain tengah sedangkan dia adalah seorang atlit yang eksplosif. Kita menyesuaikan latihannya untuk hal ini dan kita menyadari bahwa Andy berlatih lebih baik bila ada tujuan mencetak gol di balik latihan tersebut dibanding hanya sekedar saya dengan peluit saya, jadi saya merubah sebagian besar latihan saya bersamanya menggunakan bola dan gawang dan kita berusaha mereplikasi tuntutan yang ada di pertandingan sebenarnya. Ini membantu saya, karena dia adalah pria yang besar dan saya tidak ingin membuat dia marah, bila saya bisa membuat dia senang maka itu hal yang bagus 🙂

 

Q: Bagaimana reaksi para pemain terhadap metode latihan yang baru ini?

A: Bisa dibilang awalnya mereka memang tidak terlalu yakin dengan hal ini, karena kita adalah tim dari Australia dan bukanlah negara dengan sejarah berjaya dalam sepakbola, mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan sejauh ini sebagai tim kebugaran telah berhasil menuai respek dari mereka. Mereka bisa melihat di lapangan, kita memiliki hasil yang bagus musim lalu dari segi kebugaran. Memang para pemain Inggris suka mengeluh, tapi seringkali itu hanya bercanda.
Setiap pemain memiliki strategi diet nutrisi dan hidrasi juga suplementasi masing-masing. Para pemain Spanyol dan Amerika Selatan sering makan larut malam dan kita mesti membujuk mereka untuk makan lebih awal jika besoknya ada pertandingan. Kadang kita menyiapkan makan malam sekitar jam 19.30-20.00 tapi mereka bilang “Tidak Darren, kita biasa makan jam 22.30-23.00” jadi butuh sedikit negosiasi untuk hal ini.

 

Q: Kita tahu apa yang bisa kamu lakukan dengan pemain ketika mereka bermain untuk Liverpool, tapi ketika mereka pergi bermain dengan timnas mereka masing-masing, apakah kalian masih saling kontak?

A: Beberapa pemain seperti Lucas Leiva mengirimkan hasil monitor jantungnya selama dia berlatih dengan timnas Brazil jadi saya tahu persis apa yang di lakukan dan dirasakan Lucas walaupun dia berada jauh.
Lucas akan kembali berlatih bersama kita sekitar seminggu lagi, kita memberikan dia libur 2 minggu. Kita akan perlahan melibatkan dia dan menilai dan memonitor sampai mana kebugarannya. Sementara Luis Suarez baru akan kembali sekitar 8 hari sebelum pertandingan pembukaan di liga, jadi situasinya mungkin akan sedikit berbeda. Tentunya kita akan memberikan dia waktu istirahat karena dia membutuhkannya, tapi bayangkan saja saya mesti ke Kenny dan berkata “Hasil monitor jantung Luis belum normal dan mesti diistirahatkan untuk game ini”. Bayangkan respons yang akan diberikan Kenny kepada saya 🙂 Kita akan berusaha keras memulihkan dan menjaga dia sebaik mungkin dan mungkin kita akan lebih berhati-hati di dua atau tiga pertandingan awal.

 

Q: Banyak pemain yang memulai karir di usia sangat muda. Apakah mereka lebih beresiko mendapatkan cedera daripada senior mereka?

A: Saya rasa itu memang ada hubungannya, saya setuju sepenuhnya dan ada hasil riset yang bagus dari Australia dan Eropa dari berbagai cabang olah raga yang berbeda yang menunjukkan bahwa teknik berlatih keras tidak kelihatan berpengaruh pada awalnya tapi dapat datang merongrong di usia 24/25 dan kamu bisa menderita over-training dan keletihan, jadi itu sangat penting dan sesuatu yang kita perhatikan di akademi dengan memonitor pemain-pemain muda karena mereka adalah masa depan klub. Kita berusaha memastikan kita mengimplementasikan strategi latihan yang memberikan mereka masa pemulihan dan juga suplemen yang cukup seperti yang didapatkan pemain inti untuk mencegah over-training, karena memang ada godaan untuk memainkan pemain muda 17 tahun di under-18 dan juga under-21. Ada pemain yang bermain di timnas u-19 dan dia juga kemudian bermain di timnas u-20 dan ini hanya selang seminggu dari musim yang berisi 50-60 pertandingan. Situasi seperti inilah yang mesti kita perhatikan.

 

Q: Kamu biasa memperhatikan beberapa pemain terkenal dunia melakukan latihan, jujurlah pada kita, siapakah pemain yang paling fit dalam tim?

A: Ada beberapa jenis kebugaran tapi ada contoh pemain seperti Dirk Kuyt yang berlari 13 kilometer dalam satu pertandingan dan in termasuk hampir 2o00 meter berlari cepat. Cobalah sprint sepanjang 2000 meter dan kamu bisa lihat betapa beratnya melakukan hal itu. Jadi menurut saya Dirk Kuyt yang berusia 31 tahun adalah pemain yang sangat bugar. Kita juga memiliki pemain Portugal Raul Meireles yang juga sangat bugar dan memiliki statistik yang serupa dengan Kuyt. Dua pemain tersebutlah menurut saya yang paling bugar.

 

Q: Jika LFC melakukan Sprint atau Beep test (test lari kebugaran) siapakah yang finish lebih awal?

A: Dirk dan Raul finish lebih dahulu di Yoyo test yang serupa dengan Beep test jadi kedua orang itulah. Kalau masalah kecepatan, kita baru saja mendatangkan pemain baru dari Aston Villa, Stewart Downing yang mungkin akan jadi pemain tercepat kita. Kita juga memiliki seorang bek kanan bernama Glen Johnson, dia juga lumayan cepat. Kita juga menghitung kecepatan, tapi masalah endurance/daya tahan, Dirk dan Raul lah yang memimpin.

 

Q: Siapa pemain yang finish belakangan dalam Sprint? 🙂

A: Kita memiliki bek Yunani bernama Soto Kyrgiakos dan dia selalu jadi yang terbelakang. Dia tidak akan keberatan saya memberi tahu hal ini karena dia sadar. Dia melihat saya dan dia tahu apa yang sedang terjadi 🙂 Kadang dalam momen tersebut dia berpura pura tidak bisa berbahasa Inggris :))

 

Q: Siapakah yang sering menjadi badut atau tukang bercanda dalam tim dan membuat suasana jadi lebih ringan?

A: Glen Johnson sering iseng pada semua orang dan juga kiper kita Pepe Reina punya kepribadian yang menonjol dan sangat lucu. Saya rasa kedua pemain itulah.

 

Q: Musik apakah yang kalian dengarkan saat latihan? Apakah ada pemain yang dilarang memutar iPodnya di saat latihan?

A: Mereka semua menyukai hip-hop, musik yang sedang masuk top 40 dan dance music jadi itulah yang biasa diputar. Yang mengkhawatirkan saya adalah baru-baru ini saya melakukan polling pada 10 pemain dan tidak ada yang tahu siapa itu Pearl Jam. Itu membuat saya kesal dan akhirnya saya memasang Pearl Jam selama 2 hari dan sekarang band itu jadi sedikit lebih populer 😀
Sayangnya, Pepe Reina di ban dan dilarang memasang iPod karena dia sering memasang lagu-lagu yang tidak diketahui orang lain. Kita sampai mulai hafal sebagian lirik lagu-lagu tersebut karena begitu sering dia putar saat latihan. Saya berusaha mem-ban dia dari memasang lagu tapi akhirnya dia selalu berhasil melakukannya 🙂

 

Interview ini diolah dan diterjemahkan dari video wawanara Sports Illustrated dengan pelatih kebugaran Liverpool Darren Burgess:

http://sportsillustrated.cnn.com/video/soccer/2011/07/26/072611.darren_burgess_liverpool_fc.SportsIllustrated/

(mn)



Bookmark and Share




Previous Post
Video Game, Highlights dan Stewart Downing
Next Post
[VIDEO] Alberto Aquilani vs Valerenga







2 Comments

Jul 27, 2011

Artikel bagus bang
akhir ceritanya lucu hahah


Aug 03, 2011

Gan,analisis donk mana CB ideal buat kita…dr statistik sampe mental dll…Shawcrows,Cahill,Dann,atw siapalah…thanks Gan atas bnyak pncerahan’y…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Video Game, Highlights dan Stewart Downing
Video Game, Highlights dan Stewart Downing             Berawal saat...