Berita & Rumor / August 18, 2012

Versus WBA, Away Day Pertama.

[poll id=”4″]

Awal musim yang cukup berat harus di lalui oleh Liverpool. Di 5 laga pertama kita harus menghadapi Man City, Arsenal dan MU di kandang, serta away menghadapi WBA dan Sunderland, 2 tim yang sempat mengalahkan kita. Bahkan WBA mengalahkan kita di Anfield. Taoi tak usah terlalu dipikirkan, mari kita pikirkan laga yang ada di depan mata, Tandang vs WBA.

WBA ini menarik karena seakan punya kedekatan dengan Liverpool. setelah musim lalu di besut mantan pelatih Liverpool, kali ini di besut oleh mantan Asisten Manajer, Steve Clarke. Tambah menarik adalah pertemuan terakhir Clarke dengan Rodgers adalah pada laga penutup season lalu, dimana Liverpool kalah 0-1 dari Swansea. Cukup bumbunya, mari langsung kita ke urusan lapangan hijau.

Musim lalu, Liverpool membawa pulang 3 poin dari kandang WBA, berkat gol dari Andy Carroll dan Adam pada sebuah laga yang didominasi 58.1% possesion pada Liverpool. Kala itu Skrtel berduet dengan Agger di belakang, dan Suarez,Downing serta Carroll memimpin serangan. Carroll membuat 7 percobaan, 4 di antaranya dengan sundulan, 3 on target dan menghasilkan 1 gol. Sementara Suarez membuat 5 attempts, di blok 1 dan tidak ada yang on target.

Shot vs WBA 22 April 2012. On Target berwarna hijau.

Yang mengganggu adalah ketika kita menjamu WBA di Anfield. Bermain hampir setengah lapangan, dengan backline yang tinggi, serta dominasi dalam total shooting (30 attempts vs 9, hampir semua outfield player pernah melepaskan tendangan di laga itu), namun ternyata tidak membuat kita menang karena gagal mengkonversi serangan menjadi gol. Dominasi possesion (63% vs 37%) pun tidak menjamin kemenangan karena ada 14x loss possesion (vs WBA 9x). satu dari 14 kali loss possesion itu berhasil dimanfaatkan Mulumbu yang memberi assist pada Odemwingie.

Sama seperti Liverpool, kali ini WBA tampil dengan wajah baru.. Manager baru serta kedatangan beberapa wajah baru. Tapi mereka akan tampil dengan mentality yang sama ketika mereka mengalahkan kita 0-1 di Anfield. SABAR dan PERCAYA DIRI.

Yang perlu di cermati adalah pemain pinjaman mereka, Lukaku, yang akan memberi tantangan pada Skrtel dan Agger pada Power dan Aerial Duel. belum lagi gelandang2 mereka yang pada akhir musim lalu tampil percaya diri meloloskan WBA dari degradasi. Mulumbu, Morrisson, Dorran dan Brunt adalah tipikal gelandang tim Inggris klasik yang bemain ngotot dan cepat. Mentality

Saya tidak terlalu mengharapkan tiki taka, possesion football, pass & move, atau apapun itu namanya untuk di aplikasikan secara total dan baik di laga ini. Yang perlu di garis bawahi adalah MENTAL bertanding. Ini adalah laga pembuka away pertama kita setelah 3 kali sebelumnya laga pembuka season di lakoni di Anfield. Dua laga terakhir berakhir dengan seri (vs Arsenal dan vs Birmingham) setelah kita sempat unggul. Kecerobohan menjadi issue utama dalam 2 laga itu. Zero mistakes untuk malam ini!

Midfield menjadi area yang menarik bagi kita cermati, selain kedatangan pemain baru di area ini, lini tengah juga menjadi core untuk aplikasi skema permainan. Tak heran jika Rodgers mengawali permainan dengan 4-5 midfielder murni , atau penyerang yang bermain agak dalam. Lucas tentu saja akan bossing midfield dan memfilter serangan, Allen akan mendistribusi bola bersama Stevie G. Selain dominasi, midfield kita perlu memperbanyak umpan terobosan dan mengurangi crossing. Saya pikir Borini dan Downing akan bermain agak lebar, dan menjadi penghubung midfield dengan Suarez.

STATS

  • Di 6 pertandingan terakhir, Liverpool menang 4 kali dan kalah 2 kali dari WBA.
  • Dalam 12 kali laga terakhir antara LFC dan WBA, belum pernah berakhir seri. 11 di antaranya berakhir dengan salah satu tim cleansheet.
  • Liverpool hanya satau kali kalah dari 11 kali tandang ke Hawthorns, yakni 31 tahun yang lampau.
  • Di awal season 11/12, WBA kalah 4 kali dari 5 laga awalnya.
  • WBA kalah 10 kali di kandang selama musim 11/12
  • Setelah mengalahkan Liverpool, WBA kalah di 3 laga sisa EPL, sementara Liverpool kalah 11 kali di paruh kedua Premier League.
  • Dari 30 percobaan yang dilepas ketika kita kalah 0-1, hanya 4 yang on target. Semua Outfield starter melepas percobaan ke gawang, sementara Suarez dan Carroll masing masing melepas 6 tendangan/header


Bookmark and Share




Previous Post
Oussama Assaidi
Next Post
TORN AT HAWTORNS !







0 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Oussama Assaidi
Oussama Assaidi, rekrutan terakhir Liverpool Football Club ini resmi menandatangani kontrak dengan klub, tepat dengan ulang...