Artikel / February 11, 2011

Wujudkan Impian ke Anfield !

Sebagai supporter Liverpool, mengunjungi Anfield jelas ada dalam deretan impian. Dan akan sangat menyenangkan tentunya jika impian tersebut bisa terwujud. Tapi, untuk hal yang satu ini kurangnya informasi mengenai bagaimana dan apa-apa yg harus disiapkan, sepertinya menjadi “hambatan” untuk mewujudkannya.
Dua hari lalu kami telah memberikan gambaran singkat lewat serial tweet dari account twitter kami (@LFC_ID) mengenai perjalanan ke Anfield. Sekarang, kami coba sampaikan disini secara lebih detil, dengan harapan bisa berguna dan makin banyak temen-temen sesama LFC Supporter yang kesampaian mengunjungi Anfield, dengan paket hemat (backpacker/semi backpacker)

ESTIMASI BIAYA

Kisaran total biayanya, untuk sekarang sekitar 17-20 juta, aman. Cukup dan tidak terlalu berlebih. Rinciannya seperti apa?

VISA
Ini hal paling penting dari seluruh komponen pendukung keberangkatan. Biaya pengurusan visa jika ngurus sendiri adalah 1.050.000. Tidak bisa refund jika aplikasi visa ditolak oleh UK Embassy. Check disini untuk hal-hal terkait pengurusan visa http://www.vfs-uk-id.com/indonesia/index.aspx TIPS : lengkapi semua dokumen, patuhi semua keterangan, periksa kembali kelengkapan dan detil-detil kecil sebelum di submit.

TIKET PERTANDINGAN
Ini juga komponen lain yang sangat krusial. Cukup susah dapetnya. Tapi bagi yang sudah jadi member resminya @BIGREDS_IOLSC, jelas akan dapat kemudahan. Karena memang sebagai official supporters club, BIGREDS mendapat fasilitas dari LFC untuk pengadaan tiket pertandingan. Meskipun jumlah yang dapat dipenuhi oleh LFC belum tentu sejumlah banyaknya pesanan. Biasanya BIGREDS akan memberi info jika periode pemesanan tiket sudah dibuka. Harga tiket yang mereka dapat, juga merupakan harga asli, yaitu sekitar 38£ Yang mau gampang, silahkan bergabung ke sana, jadi member resminya. Yang belum jadi member, tapi udah kebelet, tiket bisa didapat lewat beberapa ticketing online. Tapi selain keamanan (asli atau palsu, delivery dsb), juga harganya yang bisa hamper 10x lipat. Perlu dipertimbangkan

TRANSPORTASI
Tiket Pesawat : sekitar 6-8 jt. Ini meliputi penerbangan JKT-KL-LDN, PP. Coba kunjungi website maskapai penerbangan murah terbesar di Asia, dan test booking (jgn di confirm) sesuai schedule yg diingkan. . Tips : pilih match yg ada di periode normal, bukan peak season untuk penerbangan (Agt-Okt, atau Maret-April). Booking jauh hari sebelumnya
Dari London untuk lanjut ke Liverpool, ada pilihan menggunakan kereta atau coach (bus). Tiket kereta termurah, sekitar 60£ dari LDN Airport (Stansted) – Liverpool, lama perjalanan sekitar 3-4 jam. Lebih praktis. Jika menggunakan bus, lebih murah, namun makan waktu lebih lama, sekitar 7-8 jam. Harga tiket bus termurah sekitar 30£ (PP) Tiket kereta/bus ini bisa dipesan secara online. Coba kunjungi website www.nationalexpress.com . Tips : pilih jam keberangkatan selain jam sibuk orang berangkat kantor. Dari website ini biasanya juga ada harga promo
Untuk transportasi selama di Liverpool, pilihan utama adalah bus. Tiket bisa dibeli tiap kali naik. Tiket ini juga beragam, ada yg bayar tiap kali jalan, harian, mingguan atau bulanan. Untuk pengunjung seperti kita, beli yang mingguan cukup hemat. Sekitar 10£. Taxi bisa jadi alternatif jika missal kemaleman, atau nyasar. Tarif taxi tiap buka pintu 2£

AKOMODASI
Untuk yg bener-bener mau backpacker, tinggal di hostel jelas akan jadi pilihan utama. Tarif hostel di sana antara 11-17£ /mlm/org. Karena dihitungnya per bed. Modelnya, 1 kamar banyak bed. Tempat tidurnya yang tingkat gitu. Jadi kaya tidur di barak tentara. Seru lhoh, bisa sekamar ama orang dari negara lain, atau buat yg cowok, kalo beruntung bisa sekamar ama cewe bule :)) Hotel-hotel bertarif sedang juga ada, sekitar 45£ per malam per kamar. Ini bener-bener berfasilitas hotel yah  Untuk penginepan coba browse www.hostelworld.com. TIPS : pilih penginapan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, atau dekat dengan halte bus. Lihat review di website tadi.

MAKANAN
Makanan di sana jelas ala Inggris, sandwich dijual di supermarket kecil dipinggir2 jalan. Ada juga burger dengan gerobak  harganya sekitar 1.5 – 2.5£ ini juga udah sangat kenyang, porsi perut bule :)) Air mineral sekitar 1£.Beer 2.2£. Kalau mau yang cocok ama perut, ada beberapa “warung” orang Asia, tapi harganya rada mahal,sekitar 3.5 – 5£ sekali makan. Mau hemat lagi? Bawa bahan makanan praktis dari sini (mie instant,rendang, dan makanan dlm kaleng lainnya, jangan coba-coba bawa terasi atau ikan asin, kalo ga mau ketahan di bandara :)) Hostel kebanyakan ada dapur umum, jadi kita bisa bebas masak. Mau cari kenalan lewat makanan? Tawarin temen-temen nginep dari negara lain dengan makanan ala Indonesia 

BAHASA
Pasti udah pada pernah denger orang Liverpool asli ngomong bahasa Inggris kan? Lebih susah dimengerti dengan Scouse aksen nya. Tapi jangan khawatir, kesadaran mereka bahwa banyak orang asing datang ke kota mereka, membuat mereka akan ngomong dengan tempo rada pelan dan diperjelas, saat bicara dengan orang asing. Apalagi kalau yang di pusat kota.

BELANJA
Ini yang harus sangat dikontrol kalo ga mau pengeluaran jadi berlebih. Hahahaha. LFC punya 2 store di pusat kota, dan 1 store di stadion. Harga barang sama persis seperti yang tertera di website. Kalau mau belanja banyak, catet dulu kode barang dari website online store LFC, sampai di toko serahin ke pelayan toko nya, mereka akan dengan senang hati membantu. Yang punya kartu member official supporter yang diterbitkan LFC, bisa dipakai buat dapat diskon sekitar 10% Selain bisa berpeluang membengkaknya pengeluaran, kebanyakan belanja jelas akan berakibat over bagasi. Perlu jadi pertimbangan.

WISATA LAIN
Tempat menarik lain selain Anfield yang harus dikunjungi, The Albert, The Sandon, The Park (3 pub terkenal, lokasinya di sekitar Anfield), Melwood, Prenton Park (stadionnya Tranmere, biasanya reserve team main di sini), Kirkby (lokasi akademi LFC), Museum The Beatles, Café Sports England (Café nya Carragher), Museum budaya (terbesar di Inggris), dan masih banyak lagi. TIPS : siapkan dulu rencana perjalanan, biar ga malah bingung mau kemana kemananya.
Dari penjelasan di atas, silahkan diperhitungkan sendiri estimasi biayanya. Kira-kira akan sama dengan estimasi yang kami sebutkan di atas (untuk sekitar 5 hari stay di sana)
Kira kira seperti itu sekilas guidance untuk mengunjungi Liverpool. Semoga cukup membantu. Yang terpenting, restu dari pasangan/istri/suami bagi yang sudah berkeluarga. Restu orang tua, subsidi bagi yang uangnya belum cukup :)) , nabung , dan jangan sampai demi pergi ke Liverpool, malah nambah masalah.

Situs-situs yang penting dikunjungi
Pesawat : Air A*ia
Kereta/bis : www.nationalexpress.com
Penginapan : www.hostelworld.com
Visa : http://www.vfs-uk-id.com/indonesia/index.aspx
Wisata & Info Liverpool : http://www.visitliverpool.com/
Tiket online : http://www.onlineticketexpress.com/ (salah satu contoh online tiket)
Petunjuk jalan : http://www.traveline-northwest.co.uk/cms/welcome.xhtml

Selamat menikmati perjalanan sakral !!

*semua harga/biaya hanya estimasi berdasarkan pengalaman penulis tahun 2009, terutama harga makanan dan tarif bis lokal. Harga lain silahkan check di website.
*kami hanya coba berbagi, tidak melayani bantuan pemesanan dan pengaturan perjalanan


Tags:  anfield anfieldtour bigreds langsung liverpool match nonton tour

Bookmark and Share




Previous Post
Rangkuman Tweet: Kebijakan Transfer Kenny Dalglish
Next Post
Lucas Leiva Yang Semakin Vital.







5 Comments

Feb 12, 2011

[…] This post was mentioned on Twitter by adhi parama yoga, agung budiman and Kartika Agustina, LFC ID. LFC ID said: Buat yg 2 hari lalu kelewat TL kami ttg Tour to Anfield, bisa baca lebih detil di blog kami http://bit.ly/fw769A semoga berguna 🙂 […]


Feb 13, 2011

mantap bro..


Feb 13, 2011

[…] This post was Twitted by iftariany […]


Feb 14, 2011

mantap ni…mdh2n ada rejeki biar bisa cepet2 ke sana,amiiinn 😀


Jul 12, 2011

Siaplah, klo ada duit gan, hehe…..



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



More Story
Rangkuman Tweet: Kebijakan Transfer Kenny Dalglish
Jika transfer tentang To**es kemarin cukup mencengangkan, jangan heran. Dalglish memang terkenal "berani" melepas pemain...